Selasa, 11 Oktober 2016

Peran Madu Dalam Penyakit Diabetes

Bagaimana Peran Madu Dalam Penyakit Diabetes

Pada umumnya madu memiliki banyak manfaat terutama dalam hal obat, namun dalam khasus ini madu untuk obat penyakit diabetes /gula dalam darah (kencing manis) terjadi pro dan kontra.  Hal ini karena banyak dugaan bahwa madu bisa memicu lonjakan naiknya gula darah. Apakah benar demikian? hal ini harus dikaji lebih dalam lagi mengenai manfaat madu secara umum dan kandungan nutrisi lainnya, serta peran dalam menurunkan gula darah.

Madu asli mengandung fruktosa, glukosa, sukrosa, dan peptida. Gula seperti fruktosa, glukosa, dan sukrosa ini adalah gula dalam karbohidrat yang bisa memicu lonjakan gula dalam darah. Hal ini bisa berdampak negatif pada penderita diabetes.

Sementara itu kandungan peptida dalam madu bisa membantu proses pencernaan, dan dalam proses ini peptida memerlukan proses enzimatik untuk dapat diproses menjadi energi. Dengan kata lain, peptida akan dicerna oleh tubuh sehingga akan mencegah pelepasan gula ke dalam aliran darah. Hal ini lah yang membuat orang tertarik untuk menggunakan madu sebagai obat alami diabetes.

Yang jadi masalah adalah kandungan gula sederhana dalam madu tersebut bisa memicu lonjakan gula dalam darah. Ini lah yang membuat madu sering tidak dianjurkan dalam hal untuk obat alami penderita diabetes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar