Minggu, 16 Oktober 2016

Manfaat Madu Bagi Penderita Penyakit Jantung

Madu Obat Penyakit Jantung

Madu banyak mengandung senyawa fenolik yang bertindak sebagai senyawa antioksidan alami. Berbagai konstituen fenolik hadir dalam madu seperti quercetin, caffeic acid phenethyl ester (CAPE), acacetin, kaempferol, galangin yang memiliki efek menjanjikan dalam pengobatan penyakit kardiovaskular. Banyak studi epidemiologi telah menunjukkan bahwa asupan rutin senyawa fenolik dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.

Penyakit jantung biasanya disebabkan oleh kurangnya darah memasok oksigen ke dalam jantung. gejala yang ditimbulkan biasanya sesak nafas, pusing, dan keringat dingin. Banyak orang menyarankan untuk meminum satu gelas air putih dicampur dengan madu dan perasan jeruk lemon bagi penderita penyakit jantung,setiap sore menjelang tidur.

Penelitian menunjukkan bahwa senya yang terdapat dalam madu mampu mampu mengurangi resiko penyakit jantung dengan melihat beberapa indikator penyakit jantung, seperti kadar kolesterol, dan yang lainnya.
Antioksidan hadir dalam madu berasal dari berbagai sumber, termasuk vitamin C, monophenolics, flavonoidn polifenol. Asupan flavonoid biasa dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Dalam penyakit jantung koroner, efek perlindungan dari flavonoid termasuk terutama antitrombotik, antiischemic, antioksidan, dan vasorelaksan dan flavonoid mengurangi risiko penyakit jantung koroner oleh tiga tindakan utama yaitu:
  • meningkatkan vasodilatasi koroner,
  • penurunan kemampuan trombosit dalam darah menggumpal, dan
  • mencegah LDL dari oksidasi. Meskipun ada spektrum yang luas dari polifenol jenis, quercetin, caffeic acid phenethyl ester, acacetin, kaempferol, galangin, mendominasi di banyak madu. Ulasan ini telah jelas menunjukkan bahwa polifenol madu tertentu memiliki peran farmakologi yang menjanjikan dalam mencegah penyakit kardiovaskular. Setelah menghasilkan lebih mendalam dan informasi lengkap dari senyawa ini bersama-sama in vitro dan in vivo, uji klinis harus dimulai untuk lebih memvalidasi senyawa ini dalam aplikasi medis.
Demikianlah manfaat madu untuk kesehatan jantung kita, mari kita konsumsi madu secara rutin agar jantung kita tetap sehat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar