Sabtu, 08 Oktober 2016

Madu Klanceng

Madu Klanceng dan Khasiatnya

Madu klanceng berbeda dengan madu yang lainnya, madu klanceng merupakan madu yang dihasilkan oleh lebah Trigona Sp. penghasil propolish yang memiliki ukuran tubuh jauh lebih kecil dari lebah Apis yang biasa dikenal masyarakat serta lebah ini tidak memiliki sengat.

keistimewaan dari madu yang dihasilkan dari lebah trigona (klanceng) ini selain mengandung vitamin, mineral, dan senyawa fenol dan enzim yang sangat lengkap terkandung didalamnya juga banyak terkandungan propolish dan bee pollen yang tinggi, sehingga dipercaya memiliki khasiat yang lebih unggul.

Madu klanceng ini terdapat dua varian, yaitu madu klanceng emas, dan madu klanceng hitam. madu klanceng emas yang memiliki rasa yang lezat beraroma harum, rasa manis dan sedikit asam yang menyegarkan serta lebih disukai anak-anak. Sedang yang lain adalah madu klanceng hitam dengan rasa asam, manis dan kadang terasa sedikit pahit. perbedaan warna yang dihasilkan ini hanya disebabkan oleh makanan atau bunga bunga yang berbeda.
madu klanceng

Ciri-ciri madu klanceng



Madu klanceng mempunyai ciri yang berbeda dengan madu lebah biasa. Jika belum pernah melihat dan merasakan madu klanceng tentunya sulit untuk membedakannya. Cirikhas madu klanceng antara lain rasanya agak asam, pahit dan dominan manis tentunya. Hal ini di karenakan kantong madu dan bee pollen menyatu dalam satu tempat. Warna kuning keruh tidak seperti madu biasa yang terlihat bening. Hal ini di karenakan dalam pengambilan madu klanceng agak sulit jika di bandingkan dengan madu lebah biasa.

Namun secara umum madu klanceng sama dengan madu lebah lainya. Cara mengetesnya yaitu dengan cara memasukkanya kedalam freezer, jika madu asli maka tidak akan membeku. Ketika di teteskan kedalam air tidak lekas larut seperti madu campuran. Madu asli berkadar air sangat rendah sehingga sulit untuk larut dalam air jika tanpa di aduk.

Kandungan Gizi Madu Lebah Klanceng


Sudah terkenal dari sejak jaman dahulu bahkan tertulis dalam Alqur'an bahwa madu sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Hal ini dikarenakan kandungan gizi yang lengkap dalam madu, baik vitamin, mineral, maupun berbagai enzim yang sangat di butuhkan tubuh. Kandungan gizi dalam madu lebah klanceng antara lain :

- Kandungan Vitamin : Thiamin (B1), Riboflavin (B2), (B3), Asam Askorbat (C), (B5), Piridoksin (B6), Niasin, Asam Pantotenat, Biotin, Asamfolat dan vitamin K

- Mineral : Natirum (Na), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Alumunium (A1), Besi (Fe), Fosfor dan Kalium (K), Pottassium, Sodium Klorin, Sulfur.
- Enzim-enzim Utama : Diatase, invertasem glukosa oksidase, fruktosa, peroksidase, lipase juga mengandung sejumlah kecil hormon, tembaga, iodium dan zinc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar